Rabu, 19 Desember 2012


MODUL
Aqidah Akhlak
Untuk Kelas
VII Semester Ganjil
Madrasah
Tsanawiyah
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pengembangan Media PAI
Dosen Pengampu : Dr. Sukiman S.Ag M.Pd
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: logo-uin-suka-baru-warna%20(1)
Disusun Oleh :
                             Muhammad Wifaqul Idhaini                  (104110
                             Nurida Budi Setiawati                             (10411028)
                             Rani Cahya Ningrum                              (10411030)
                             Asmawati Munawwaroh                         (104110
Kelompok IX
5-PAI A
Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarta
2012

Modul Aqidah Akhlak
Iman Kepada Kitab-Kitab Allah
Untuk kelas VII semester ganjil
Madrasah Tsanawiyah


A.    STANDAR KOMPETENSI
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
B.     KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitabkitab Allah
C.    INDIKATOR
1.      mampu mendeskripsikan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
2.      mampu menyebutkan  nama-nama  kitab Allah yang di turunkan pada rasulnya
3.      Mampu menyebutkan isi kandungan dari kitab-kitab Allah
4.      Mampu menyebutkan perbedaan antara shuhuf dan kitab
5.      mampu menyebutkan fungsi dari beriman kepada kitab-kitab  Allah dalam kehidupan sehari-hari
D.    MATERI POKOK
Dalam bab ini Anda akan mempelajari dan mengetahui tentang:
1.                  Pengertian iman kepada Kitab-kitab Allah.
2.                  Nama-nama kitab Allah beserta rosul yang menerimanya
3.                  Isi kandungan dari masing-masing kitab Allah
4.                  Membedakan shufuh dan kitab
5.                  Fungsi  beriman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari
E.     URAIAN MATERI
a)      Pengertian  iman kepada kitab-kitab Allah
Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang rukun iman yang ke 4 yaitu Iman kepada kitab Allah. Kitab menurut bahasa (etimologi) artinya tulisan. Sedangkan kitab menurut istilah, adalah pedoman hidup yang elah diwahyukan Allah kepada manusia pilian (Rasul) untuk menjadi pedoman hidup bagi dirinya dan bagi para umatnya.
Pengertian iman kepada Allah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa kitab-kitab Allah benar-benar wahyu Allah yang diturunkan kepada para rosul oleh malaikat jibril sebagai pedoman hidup manusia agar bahagia dunia akhirat.
Orang yang tidak beriman kepada kitab-kitab Allah SWT tidak dapat dikatakan sebagai orang yang beriman bahkan bisa dikatakan Murtad.Allah  berfirman dalam surat Al-baqarah ayat:213 (…….) Artinya: Manusia itu adalah umat yang satu. (Setelah timbul perselisihan), Maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi Keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang Telah didatangkan kepada mereka kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, Karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. Dalam surat tersebut telah diterangkan bahwa adanya kitab –kitab itu adalah untuk menjadi petunjuk,memberi peringatan dan sebagai solusi bagi perselisihan yang terjadi.
Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa ada 4 kitab Allah yang diturunkan kepada nabiNya dan rasulNya yaitu Taurat diturunkan kepada nabi Musa a.s, Zabur kepada nabi Daud a.s, Injil kepada nabi Isa a.s, dan Al Qur’an kepada nabi Muhammad SAW.
b)      Nama-nama kitab Allah yang diturunkan pada Rosulnya
Kitab-kitab Allah yang wajib kita Imani ada empat yang diturunkan kepada para rosulnya, yaitu :
1. Kitab Taurat
Taurat berasal dari bahasa ibrani, dalam agama adalah syariat, diturunkan kepada Nabi Musa AS, dibukit Tursina ketika Nabi Musa beribadah sebagai mana yang telah dilakukan oleh para nabi sebelumnya, sebagai pedoman dan petunjuk bagi kaum bani isroil, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT (Al-qur’an, surat Al-Isro ; 2 )

:Artinya : Dan kami berikan kepada Musa kitab (taurat), dan kami jadikan kitab taurat itu petunjuk bagi bani isroil. (dengan firmannya) ; “ janganlah kamu mengambil penolong selain aku”.
Adapun Isi pokok kitab taurat dikenal dengan sepuluh hukum perintah Tuhan, baik berupa larangan dan perintah yang sesuai dengan tempat dan kondisi saat itu. Sepuluh hukum dalam kitab taurat yaitu :
a. Menjelaskan aqidah yang benar yaitu mengesakan Tuhan
b. Larangan menyebut nama Allah dengan main-main
c. Memuliakan hari sabtu
d. Menghormati kedua orang tua
e. Larangan mencuri
f. Larangan membunuh manusia
g. Larangan berbuat syirik
h. Larangan melakukan zinah
i. Larangan menjadi saksi palsu
j. Larangan memiliki keinginan atas hak orang lain

2. Kitab Zabur
Kitab zabur diturunkan Nabi Daud AS. Untuk disampaikan kepada umatnya dan dijadikan sebagai pedoman hidup bagi umat yahudi. Firman Allah SWT : (Q.S. Al-isro ; 55 )
 Artinya : Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. dan Sesungguhnya Telah kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan kami berikan Zabur kepada Daud

Kitab zabur berisi nyanyian, pujian kepada Allah atas segala rahmatnya, juga berisi dzikir, doa, nasihat dan hikmat-hikmat. Sedangkan syariatnya mengikuti syariat yang ada dalam kitab taurat. Menurut orang yahudi dan nasrani kitab zabur sekarang ada pada kitab perjanjian lama yang terdiri dari 150 pasal.

3. Kitab Injil
Kitab injil diturunkan kepada nabi Isa dengan memakai bahsa suryani sebagi peyenjuk dan  tuntutan bagi bani israil. Kitab injil isinya sama dengan kitab taurat, tetapi ada yang harus diralat yaitu yang tidak sesuai dengan peradaban masa itu. Dan ada penambahan isi dalam kitab injil yaitu tentang berbuat baik sesama manusia (kasih saying). Allah berfirman : (Q.S. Al-Maidah ; 46 )
 Artinya : Dan kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi bani isroil) dengan isa putera maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu taurat dan kami telah memberikan kepadanya kitab injil, sedang didalamnya ada petunjuk dan cahaya (yang menerangi).

4. Kitab Al-Qur’an
Al-qur’an adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, untuk dijadikan pedoman dan petunjuk hidup manusia agar bahagia di dunia dan akhirat. Allah berfirman : . (Q.S. Yusuf ; 2 )
 Artinya : Sesungguhya kami menurunkan berupa Al-qur’an dengan berbahas arab agar kamu memahaminya. Al-qur’an merupakan mujizat terbesar yang dimiliki Nabi Muhammad saw. Yang merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh manusia sampai akhir zaman. Al-qur’an memiliki nama-nama yang lain yang terdapat didalam Al-qur’an diantaranya :

1. Al-qur’an bias juga disebut Adzikru artinya : Mengingat
2. Al-qur’an bias juga disebut Al furqon artinya : Pembeda
3. Al-qur’an bias juga disebut Al kitab artinya : Tulisan
4. Al-qur’an bias juga disebut Al Huda artinya : Petunjuk

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat islam yang harus dipelajari dan harus diamalkan isi kandungannya. Oleh sebab itu alangkah baiknya bagi seoarang muslim terlebih dahulu mengetahui kapan al-qur’an diturunkan, dan apa isi kandungan Nya serta apa keistimewaan Al-qur’an dengan kitab-kitab suci lainnya.
Isi Kandungan Al-Qur’an berlaku untuk semua manusia dan untuk semua golongan. Diantaranya memuat tentang :
1. Ketauhidan (pengesaan Allah) atau disebut juga Aqidah
2. Cara-cara mengabdi kepada Allah (Fiqih)
3. Tatakrama kehidupan sehar-hari (Akhlak)
4. Mengandung Ilmu Pengetahuan
5. Kabar gembira bagi yang beriman. Dan peringatan bagi yang kafir
6. Menata soal kedamaian dalm kehidupan bermasyarakat
7. sejarah orang-orang terdahulu
c)      Shuhuf dan kitab
Kitab atau alkitab menurut bahasa berarti yang ditulis sedangkan yang dimaksud dengan kitab adalah kitabullah yang di wahyukan Allah Swt kepada nabi Muhammad saw yaitu Al-qur’an dan  Shuhuf adalah lembaran lembaran kertas, pelepah pelepah atau tulang tulang dan sebagainya yang berisikan tulisan tulisan alam Allah Swt yang diwahyukan kepada rasulnya. Kumpulan kumpulan di beberapa shuhuf yang disatukan disebut mushaf
Para nabi yang menerima sukuf sebagau berikut :
1. Nabi Adam q.s. menerima 10 sukuf
2. Nabi Ibrahim a.s. menerima 30 sukuf
3. Nabi Syis a.s. menerima 50 sukuf
4. Nabi Musa a.s. menerima 10 sukuf, sebelum diberi kitab taurat

d)     Fungsi mengimani kitab-kitab Allah
Kitab-kitab Alah yang telah disampaikan oleh malaikat jibril kepada para Nabi Nya adalah merupakan kitab samawi, karena isinya dan kata-katanya adalah firman Allah. Fungsinya kitab-kitab Allah bagi manusia antara lain :
1.      Sebagai pedoman hidup manusia dan sumber hokum manusia, agar mencapai kebahagiaan dunia akhirat.
Dengan adanya kitab Allah di dunia ini ,kita semakin teratur dalam menjalani kehidupan ini karena adanya kitab Allah bisa menjadi pedoman dalam kita melangkah menjalani kehidupan.
2.      sebagai rahmat bagi alam semesta dan pembimbing kejalan yang lurus
Dengan adanya kitab Allah juga bisa membantu kita untuk selalu membibing kita ke jalan yang lurus untuk menggapai kebahagian di dunia dan akherat.
3.      menanamkan moral (akhlak) yang baik dalam jiwa manusia.
Jika kita menjadikan kitab Allah sebagai referensi pokok dalam kehidupan kita maka ,akhlak kita pun akan senan tiasa baik. Dan moral baik yang tertanam dalam diri kita akan tertanam sangat kuat dalam diri kita.
4.      mampu menambah ilmu pengetahuan
Di dalam kitab-kitab Allah banyak terdapat berbagai macam informasi-informasi yang bisa kita peroleh. Karena dalam hakikatnya kitab Allah itu selalu berkembang  mengikuti zaman. Oleh sebab itu jika kita senantiasa membacanya maka akan sangat membantu menambah wawasan kita.
5.      dapat mempertebal keyakinjan terhadap sang pencipta
Adanya kitab Allah dapat semakin menambah iman kita akan adanya ALLAH.
6.      menentramkan jiwa (bathin) yang percaya kepada wahyu Allah (Al-kitab).

F.     Rangkuman
Kitab menurut bahasa (etimologi) artinya tulisan. Sedangkan kitab menurut istilah, adalah pedoman hidup yang elah diwahyukan Allah kepada manusia pilian (Rasul) untuk menjadi pedoman hidup bagi dirinya dan bagi para umatnya. Sedangkan untuk pengertian dari iman kepada Allah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa kitab-kitab Allah benar-benar wahyu Allah yang diturunkan kepada para rosul oleh malaikat jibril sebagai pedoman hidup manusia agar bahagia dunia akhirat.
Adapun ada 4 kitab yang wajib kita imani . Kitab ini diturunkan Allah khusus kepada manusia pilihan yaitu: kitab taurat diturunkan untuk Nabi musa yang didalamnya ada 10 perintah dan larangan sesuai dengan masa itu yaitu:  menjelaskan aqidah yang benar yaitu mengesakan tuhan, larangan menyebut nama allah dengan main-main ,memuliakan hari sabtum,menghormati kedua orang tua, larangan mencuri, larangan membunuh manusia,larangan berbuat syieik, larangan melakukan zinah,larangan menjadi saksi palsu,  larangan memiliki keinginan atas hak orang lain. Dan untuk yang kedua ada kitab zabur yang diturunkan untuk nabi Daud yang berisikan  nyanyian, pujian kepada Allah atas segala rahmatnya, juga berisi dzikir, doa, nasihat dan hikmat-hikmat.  Dan yang ketiga adalah kitab injil yang diturunkan kepada nabi Isa, kitab ini isinya sama dengan kitab taurat, tetapi ada yang harus diralat yaitu yang tidak sesuai dengan peradaban masa itu. Dan ada penambahan isi dalam kitab injil yaitu tentang berbuat baik sesama manusia (kasih saying). Dan untuk yang terakhir adalah kitab Al-qur’an yang di amanahkan kepada nabi Muhammad saw. Isi dari kitab al-qur,an ini sangat lengkap karna Isi Kandungan Al-Qur’an berlaku untuk semua manusia dan untuk semua golongan. Diantaranya memuat tentang :ketauhidan (pengesaan ALLAH) atau disebut juga aqidah, cara-cara mengabdi kepada allah (fiqih), tatakrama kehidupan sehar-hari (akhlak), mengandung ilmu pengetahuan, kabar gembira bagi yang beriman, dan peringatan bagi yang kafir, menata soal kedamaian dalm kehidupan bermasyarakat, sejarah orang-orang terdahulu
Adapun pengertian dari Shuhuf adalah lembaran lembaran kertas, pelepah pelepah atau tulang tulang dan sebagainya yang berisikan tulisan tulisan alam Allah Swt yang diwahyukan kepada rasulnya.
Untuk fungsi dari iman kepada Allah secara garis besar adalah: Sebagai pedoman hidup manusia dan sumber hokum manusia, agar mencapai kebahagiaan dunia akhirat, sebagai rahmat bagi alam semesta dan pembimbing kejalan yang lurus,  menanamkan moral (akhlak) yang baik dalam jiwa manusia,mampu menambah ilmu pengetahuan, dapat mempertebal keyakinjan terhadap sang pencipta. menentramkan jiwa (bathin) yang percaya kepada wahyu Allah (Al-kitab)
 
G.    Tugas / Latihan
Coba secara berkelompok buatlah maind map yang menggambarkan tentang nama kitab-kitab Allah dan isi kandungannya, buat dengan semenarik mungkin!
H.    Tes Mandiri
Kerjakan sendiri ya!!!(usahakan jangan membuka kunci jawaban)
1.      Makna kitab secara bahasa adalah ….
a. Tulisan         c. Buku            e. Bacaan
b. Bacaan        d. Lembaran
2.       Ada berapakah kitab yang wajib kita imani ….
a. 3                  c. 5                  e. 7
b. 4                  d. 6     
3.      Kitab zabur diterima oleh nabi ….
a. Isa
b. Musa
c. Daud
d. Muhammad
e.Ibrahim
4.      Nabi Musa menerima kitab……..
a. Injil
b. Al-qur’an
c. Suhuf
d. zabur
e. Taurat
5.      Apa tambahan isi kandungan yang ada dalam kitab injil ….
a. Tauhid
b. berbuat baik sesama manusia kasih saying
c. Sejarah
d. Fiqh
e. larangan
6.      Berikut ini yang tidak termasuk kandungan dari kitab al-qur’an adalah ….
a. Ketauhidan
b. Tata krama
c. Sejarah orang dahulu
d. Kabar gembira bagi orang kafir
e. Ilmu pengetahuan   
7.      Apa nama lain untuk 4 kitab yang wajib kita imani ini?
a. kitab Al-qur’an                                                                 
b. Kitab injil
c. kitab samawi
d. kitab taurat
e. Kitab zabur
8.      Apakah yang dimaksud dengan suhuf...
a. lembaran-lembaran
b. tulisan
c. bacaan
d. amalan
e. buku
9.      Nabi Musa sebelum di amanahkan untuk membawa kitab taurat,beliau di beri suhuf oleh Allah. Berapa kah jumlah shuhuf yang di amanahkan kepada Nabi Musa?
a.       10                  c. 30
b.      20                  d. 40              e.50
10 .Berikut hikamah adanya kitab-kitab yang di turunkan oleh Allah kepada para                Rosulnya,Kecuali…….
a.       Sebagai pedoman hidup manusia dan sumber hokum manusia, agar mencapai kebahagiaan dunia akhirat.
b.      sebagai rahmat bagi alam semesta dan pembimbing kejalan yang lurus
c.       menanamkan moral (akhlak) yang baik dalam jiwa manusia
d.       mampu menambah ilmu pengetahuan
e.       Menambah amal buruk
I.       Kunci Jawaban
1.        A
2.        B
3.        C
4.        E
5.        B
6.        D
7.        C
8.        A
9.        A
10.    E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar